Menu Diet Sehat Untuk Santap Pagi, Siang Dan Malam Hari

April 12, 2017

Marinews99 - Tiap harinya, tubuh perlu diberi asupan yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, beragam vitamin dan mineral, serta air untuk menunjang kinerjanya.

-Karbohidrat. Sumber energi utama tubuh berasal dari karbohidrat. Otak juga bisa bekerja maksimal jika mendapat asupan ini secara cukup Contoh karbohidrat yang baik yaitu makanan yang terbuat dari susu, biji biji-bijian utuh, sayuran, buah, dan kacang-kacangan. Karbohidrat yang mesti Kamu batasi pengonsumsiannya antara lain nasi putih, minuman buah kemasan, minuman bersoda, keripik kentang, permen, dan kue-kue yang manis.
Protein. Zat ini merupakan sumber energi bagi tubuh.  membantu menjaga kesehatan tubuh, dirinya sendiri disembuhkan oleh serta membantu tubuh. Protein mampu ditemui pada telur, ikan, daging, kedelai, daging unggas, keju, dan kacang-kacangan.

-Lemak. Kamu mungkin mengelak jika ada makanan yang mengandung lemak Namun, makanan berlemak tak melulu wajib dihindari. Tubuh juga butuh asupan lemak untuk menjaga struktur sel dan membantu membran sel berfungsi dengan baik, menjaga sistem imun, dan membantu tubuh menyerap vitamin. Walau begitu, Anda wajib tahu batasan dalam mengonsumsi makanan berlemak agar tak berakibat butuk bagi tubuh seperti kenaikan berat tubuh, resiko terkena penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya. Pilih makanan berlemak yang baik seperti ikan, daging unggas tanpa lemak, minyak dari sayuran (minyak zaitun). Batasi makanan berlemak seperti piza, burger, sosis, dan makanan cepat saji.
Vitamin dan mineral. Kedua zat ini bisa membantu organ-organ tubuh dalam menjalankan fungsinya. Vitamin yang diperlukan oleh tubuh antara lain vitamin A, B, C, D, E, dan K. Sementara mineral yang dibutuhkan tubuh seperti kalsium, zat besi, kalium, zinc, dan selenium.

-Air. Cairan ini memang tidak mempunyai nutrisi, tapi air bisa menghidrasi tubuh. Sekitar setengah dari komposisi tubuh Anda terdiri dari air. Selain dari air minum, Kamu bisa mendapat cairan dari makanan seperti buah dan sayuran.
Semua kandungan di atas bisa Kamu dapatkan dalam menu diet sehat.
Selain memperhatikan nilai gizinya, makanan yang harus ada di menu diet bugar juga harus disesuaikan dengan kebutuhan kalori harian Anda. Tiap individu mempunyai kebutuhan kalori yang berbeda-beda. Namun rata-rata orang dewasa membutuhkan 2000 kalori tiap harinya. Konsultasikan pada ahli gizi agar Kamu bisa mengetahui jumlah kalori yang sesuai dengan kondisi tubuh seperti usia, jenis kelamin, aktivitas fisik harian, metabolisme, tinggi dan berat badan, serta hormon.

Makan berdasarkan kebutuhan kalori sangatlah penting, atau menjaga berat tubuh mau diuruskan oleh khususnya untuk Kamu yang. Kalori dapat membuat tubuh berenergi. Tetapi, pengonsumsian kalori yang melebihi dari yang tubuh butuhkan bisa membuatnya menumpuk di tubuh dan tersimpan sebagai lemak.

Berikut menu diet sehat 2000 kalori yang bisa Kamu terapkan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Walau dinamakan menu diet bugar, lidah Kamu masih bisa dimanjakan oleh variasi makanan ini.

Sarapan. Kamu bisa mengisi perut Kamu dengan mengonsumsi semangkuk sereal dengan taburan kismis dan susu bebas lemak. Sesudah tersebut, 1  buah pisang berukuran tidak besar dan satu  lembar roti dari biji-bijian utuh dengan olesan margarin dan selai jelly bisa Anda santap.

Pilihan sarapan bugar lainnya yaitu oatmeal yang dicampur kismis dan dimasak dengan margarin. Untuk minumannya, Kamu bisa menenggak jus jeruk (250 ml) dan susu tanpa lemak (120 ml).

Makan siang. Anda bisa membuat sandwich yang terdri dari roti dari biji-bijian utuh, ayam, selada, tumis jamur, dan saus mustard. Akhiri makan siang Anda dengan kentang rebus dua ratus gram.

Makan malam. Capcay tahu dengan sayuran dan paprika, semangkuk nasi merah dan 1  cangkir es teh lemon sekitar dua ratus lima puluh ml.

Variasi makan malam lainnya yang bisa Kamu coba yaitu 140 gram salmon panggang ditaburi daun seledri, bawang, dan remah-remah roti. Sajikan dengan nasi, 125 gram brokoli kukus, dan kacang almond. Akhiri makan malam dengan susu tanpa lemak (250 ml).

Camilan. Contoh camilan yang bisa Kamu konsumsi tiap hari terdiri dari 245 gram yogurt rendah lemak dicampur buah-buahan.

Mungkin ada saatnya Anda bosan dengan makanan sehat dan mau mengonsumsi makanan dengan kadar lemak dan kalori tinggi seperti makanan cepat saji. Kamu bisa mengonsumsinya pada hari tertentu, misalnya tiap hari minggu. Namun, keesokan harinya, Anda wajib mengonsumsi makanan yang tidak tinggi kalori guna menghindari penumpukan kalori pada tubuh. 




 http://maripoker.com/register.php

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »