Kabarnya ISIS Tengah Bangun Aliansi dengan Al-Qaeda

April 18, 2017

Marinews99 - ISIS disebut tengah berunding untuk menjalin aliansi dengan dengan Al-Qaeda. Pembicaraan mengenai aliansi ini di tengah pasukan Irak yang sedang mengepung ISIS di Mosul Barat.

"Diskusi dimulai dari saat ini. Ada perbincangan dan dialog antara kedua utusan yang diwakili oleh Pemimpin ISIS Abu Bakr al Baghdadi dan Anyman al Zawhari, Kepala Al-Qaeda," ujar Wapres Irak Ayad Allawi seperti dilansir Reuters, Selasa (18/4/2017).

ISIS berpisah dari Al-Qaeda pada 2014 dan semenjak tersebut 2  kelompok militan ini bersaing dalam merekrut, mendanai dan melancarkan gerakan jihad global. Allawi tidak mengetahui bagaimana kedua kelompok ini kembali menjalin komunikasi.

"Tidak jelas bagaimana tepatnya dua  kelompok itu bisa bekerjasama," imbuh Allawi. 

ISIS sendiri diketahui semakin terusir dari Irak dan terkepung di Mosul Barat. Tetapi, ISIS masih menguasai wilayah Hawija, kota Qaim, dan Tal Afar di Irak.

Allawi menyebut, ISIS akan terus hidup dalam sel-sel yang lebih kecil walaupun kehilangan hampir seluruh kekuasaannya di Irak. Kalau ISIS kehilangan wilayah di Irak, bahkan "Mereka akan secara laten bertahan dalam sel-sel tidur untuk menyebarkan bisa mereka ke semua dunia," tidak buka Allawi. 

 http://maripoker.com/register.php

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »